Sherlock Holmes dari waktu ke waktu

Tadi malam saya nonton 3 jenis film Sherlock Holmes dengan pemeran utama yang berbeda. Pertama, saya nonton serial Sherlock Holmes 2010 season 2, episode 3 (saya nonton dari season 1, episode 1). Kedua, saya nonton The adventures of Sherlock Holmes, season 1 episode 4, dan terakhir, saya nonton Sherlock Holmes movie 2009.

Dari ketiga film itu, saya mengamati karakter dan karakterisasi Sherlock Holmes dan sahabatnya, dr.John Watson. Dalam serial Sherlock Homles 2010, karakter Sherlock (Benedict Cumberbatch) sangat kuat, ga ada bandingannya.. eksentrik, pengamat yang sangat baik, pamer, pintar, jago bermain biola tapi ga jago berantem. Satu-satunya wanita yang menarik perhatiannya adalah Irene Adler yang sama-sama cerdas dan cantik. Sedangkan tokoh dr. John Watson (Martin Freeman) dimunculkan sebagai teman sekamar yang bertanggung jawab atas apartemennya, memiliki pengetahuan tentang ilmu kedokteran, sebagai penyeimbang keeksentrikan Sherlock, dan pengagum kepandaian Sherlock. Mereka sangat kompak, dan jauh di dalam hatinya, mereka saling menyayangi sebagai sahabat.

Film The adventures of Sherlock Holmes, the Solitary Cyclist, menampilkan Jeremy Brett, sebagai Sherlock dan David Burke sebagai dr.John Watson. Serial ini dibuat pada tahun 1984 dengan setting klasik. Karakter Sherlock ditampilkan sebagai pria flamboyan pintar yang suka bereksperimen. Suka pamer kemampuan analisis dan perhatian kepada wanita. sedangkan tokoh dr. John Watson adalah seorang yang sering disuruh-suruh oleh Sherlock, sedikit bodoh dan kurang bisa membaca situasi. Saya hanya menonton satu episode serial ini, jadi tidak banyak yang bisa saya bagi.

Selanjutnya adalah film Sherlock Holmes yang dibuat pada tahun 2009. Sherlock diperankan oleh Robert Downey Jr. dan dr.John Watson diperankan oleh Jude Law (hmmm… two hot men are in the house, haha..). Dalam film ini, Sherlock adalah detektif pintar yang suka bereksperimen, menyukai kegiatan fisik, seperti tinju dan bela diri lain. Dia terpaku hanya pada satu wanita, yaitu Irene Adler, dan dia menggunakan narkotik untuk menghilangkan rasa bosannya ketika tidak ada kasus yang menarik. Tokoh dr. John Watson adalah pria tampan yang selalu berada di sisi Sherlock ketika dia membutuhkan bantuan. John cerdas, pandai pula berkelahi, flamboyan, dan kadang cukup pintar untuk membantu analisis Sherlock

Dari semua film Sherlock yang saya tonton ini, saya paling suka Sherlock yang diperankan Benedict Cumberbatch karena dia tampak sangat elegan disana. ga banyak bicara, efektif, cerdas dan eksentrik. These are what Sherlock Holmes mean for me. Sedangkan karakter dr.Watson yang paling saya sukai adalah yang diperankan Jude Law, dia lebih berkarakter dengan memiliki sudut pandang sendiri dan bisa membereskan kekacauan yang dibuat Sherlock.

Sherlock tahun 80an itu terlalu flamboyan, kurang eksenrik dan terlalu manis pada perempuan. Sedangkan Robert Downey Jr., dia terlalu macho, khas film-film Hollywood (meskipun saya selalu suka Robert Downey). John Watson di film tahun 80an itu tampak bodoh sekali dan seakan-akan hanya menjadi pesuruh Sherlock tanpa posisi tawar sedikit pun, padahal dia kan dokter, seharusnya ada kontribusi dalam pemecahan kasus… terakhir, John di serial 2010 tampak terlalu tua, kurang gesit, padahal dia kan mantan tentara. diluar itu, John di serial 2010 lumayan cakap untuk menjadi jembatan antara Sherlock dan pihak lain yang kurang paham dengan keeksentrikannya.

fyuuhh…. cape….
makasih udah bacaaaaaaa…. 😀

Advertisements

4 comments

  1. Raju Downey · July 20, 2012

    Jadi pengen lihat yang aktornya Benedict Cumberbatch, karakter Sherlock yg daku tau memang seorang yang cerdas eksentrik, ahli analisis. dan John adalah seorang yang selalu penasaran akan keunikan Sherlock. dia sering bingung dg maksud tersembunyi Sherlock,kadang banyak bertanya jg yg akhirnya jd terkagum-kagum dg penjelasan sherlock. meskipun “permintaan bantuan” yg Sherlock minta jarang yg berat, tp imbas yg dia dapat sering bikin dia terkaget-kaget.

    sakitu heula…..

  2. pujipramesti · July 28, 2012

    sesudah nonton setuju kan sama penilaianku??? 😀

  3. gustipanji · December 10, 2012

    Keep writing

    • pujipramesti · December 18, 2012

      whatt…??? that’s all you can saaaay???
      ckckckckck….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s