Jangan lecehkan bangsamu

Akhir-akhir ini saya sedikit sensitif dengan celoteh teman2 di dunia maya mengenai bangsa indonesia.

Beberapa dari mereka membahas posting tentang perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dengan bangsa asing. Perbincangan ini berujung pada ejekan terhadap sistem pendidikan Indonesia. Di belahan Indonesia yang lain, ada teman yang mengatakan “terbukti bahwa orang indonesia lebih menyukai film berimajinasi tinggi dibanding film berat dan berbobot”.
Untuk kasus kedua, sempat saya tanyakan mengenai bukti yg dia miliki dan definisi dari kata “berimajinasi tinggi, berat dan berbobot” dari kalimatnya. Bukannya  menjawab, dia malah berbelit-belit dan mengatakan bahwa imajinasi tinggi bukan hal yang buruk (ya,jika tidak dibandingkan dengan kata2 lain).

Menurut saya, orang2 seperti itu hanya melihat sekilas tanpa analisa yang kuat. Entah mereka sadar atau tidak, mereka sedang menjelek-jelekkan negara dimana mereka hidup, mencari sesuap nasi, berbagi senang dan sedih bersama teman2 indonesianya, mungkin juga menjilat dan menyogok untuk mendapatkan berbagai kemudahan di negara ini.

Ayolah, bangsa ini kaya, banyak pula orang pandainya. Jika kita sekarang sedang berada dalam masa sulit, bukankah ini saatnya untuk kembali membangun? Bukannya menjadikannya tambah terpuruk dengan menghujat dan mengumbar kata..

SEMUA ORANG BISA MENGUTUK, tapi
TIDAK SEMUA ORANG BISA MERUBAH
Now, it is time for you to take a side 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s